REBO ART

Art Gallery

Apasih Concept Art Itu ?

Home Design Apasih Concept Art Itu ?

Concept Art ?

Rebo Art – Concept Art merupakan sebuah ilustrasi dimana tujuan utamanya adalah untuk menyampaikan sebuah representasi dari desain, mood atau ide untuk digunakan dalam film, vidio game, buku komik atau animasi sebelum akhirnya dimasukkan dalam produksi akhir. Concept Art sering dikenal dengan Entertiment Design.

Dalam sebuah prosesnya, concept model ini merupakan pengembangan dari berbagai literasi. Desain akhir didapatka setelah melakukan eksplorasi dari berbagai solusi yang ada. Concept Art bukan hanya digunakan sebagai pengembangan pekerja saja aan tetapi juga sebagai saarana guna menunjukkan kemajuan sebuah proyek kepada director, investor dan juga klien.

Kita mungkin kadang sering kebingungan dengan istilah Concept Art, Visual Development Art, dan Concept Design. Namun kita perlu ketahui bersama Concept Art atau Concept Artist yang mana mempunyai sebuah fokus guna menerjemahkan sebuah idde atau gagasan untuk kemudian dilanjutkan oleh bidang yang lainnya.

Seorang concept Art merupakan sosok individual yang menghasilkan sebuah desain visual baik karakter, item, ataupun setting area yang belum pernah ada. Diera yang sekarang ini, era yang menuntut segala elemen beralih kedalam digital menjadi pendorong seorang concept art agar melibatkan digital juga alhasil perangkat lunak seperti Adobe ilustrator, Photoshop serta Corel Painterpun menjadi rujukkannya. Selain itu, mereka juga menggunakan hardware (perangkat keras) seperti tablet grafis dengan alasan agar lebih efisien lagi.

Dulu, Concept Art merupakan media utama yang digunakan untuk poster film semenjak aanya Hollywood, semakin kesini mulai berkembang dari ddesain poster film, produksi video game hingga mencakup banyak genre

Alur proses pembuatan

Saya pernah membaca bahwa membuat concept art itu tidak hanya dsekali jadi, akan tetapi perlu menggunakan beberapa tahap diantaranya:

  • Review the Brief

Proses ini biasanya selalu berkaitan dengan seorang creative director tentunya merekalah yang mengetahui terkait dengan cangkupan proyek yang akan dikerjakan. Karena dalam hal ini seorang conceptor art tidak hanya mengetahui akan tetapi juga memahami terkait dengan elemen-elemen dasaar dalam proyek tersebut.

  • Thumbnailing

Tahap yang selanjutnya yaitu Thubnailing, tahap ini merupakan tahap yang paling vital, tahap dimana seseorang dituntut  untuk dapat membuat 10 hingga 100 gambar sketsa kasar dengan cepat dan sesuai dengan apa yang diharapkan nantinya.

  • Digital Painting

Setelah kita melewati proses tahap yang kedua serta sudah mendapatkan ide yang menarik, setelah itu kita melanjutkan ke tahap Digital Painting. Proses dimana penesainan ulang sketsa yang telah dibuat untuk kemudian dimasukkan kedalam proses rendering.

  • Details,Detailes

Proses dimana kita dituntut untuk menyajikan secara detail karakter beserta dunianya. Proses dimana kita dapat menampilkan berbagai prespektif dari desain dan karakter yang dibuat.

  • Review dan kritik

Sebelum kita memasuki proses yang terahir, terlebih dahulu kita melakukan Review serta meminta kritik dan sarannya guna kesempurnaan sebuah proyek yang dikerjakan.

  • Project Reference

Bila mana proyek yang dikerjakan mendapatkan nilai sempurna serta tim menyetujuinya maka, hasil kerja tersebut akan menjadi sebuah referensi buakan hanya segenap tim yang bekerja saja, akan tetapi juga bagi mereka yang mengeluti dunia Concept Art.

Gimana..? uah paham kan dengan apa yang dimaksud dengan Concept Art. Udah banyak kok Artist Concept Art yang handal dan sukses seperti Frank Frazetta seorang pelukis fantasi sepanjang masa, Farank, Ollie & The Nine Old Men Sosok animator yang melegendaris pada saat zaman keemasan Disney.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *